Kamis, 16 Desember 2010

1 Kata, 1 KALIMAT ..SEJUTA MAKNA

Pernahkah terpikir mengapa saat kita membuka Facebook selalu tertera kalimat “WHAT’S ON YOUR MIND?” atau “APA YANG ANDA PIKIRKAN? “.

Pernahkah terfikir oleh anda? Satu pertanyaan, dapat dijawab dengan berjuta-juta kalimat yang berbeda, bahkan mungkin lebih. Jawaban yang diungkapkan hanya dalam sebuah kata pun bisa bermakna segudang.

Adakalanya seseorang sulit untuk mengungkapkan apa yang sedang dirasakan ataupun dipikirkan, Namun ada juga yang bisa mengungkapkan isi hatinya dengan ungkapan yang terdiri dari berbagai kalimat hingga menjadi sebuah paragraf atau bahkan hingga 15 lembar, walaupun hanya untuk menjawab satu kalimat pertanyaan. Biarpun nantinya tetap saja akan ada kalimat inti dari jawaban itu yang akan mereka ambil sebagai satu kesimpulan dari semua hal yang mereka sampaikan.

Merasa berkomunikasi lebih enak dengan menulis daripada berbicara. Tidak senang menulis dengan kalimat panjang yang beranak, cucu, buyut. Cukup satu kalimat dengan satu dua kata pun bisa dilakukan.

Nah, mari kita lihat beberapa contoh dibawah ini. Saya melakukan survey kepada beberapa teman saya yang bersedia menjadi responden dadakan. Dengan cara memberikan mereka sebuah pertanyaan yang sama, namun jawaban yang saya dapat sangat beragam…

Cekidot.


Apa yang sedang kamu pikirkan saat ini?

DAN JAWABANNYA Sebagai berikut :

b.y.z@att.net: dilemma
******Cek jawaban singkat responden saya yang satu ini, “DILEMMA”
Satu kata itu sangat bermakna bagi si penjawab, tanpa perlu saya tanyakan lebih jauh pun satu kalimat itu sangat menggambarkan apa yang sedang dia rasakan dan pikirkan. Mungkin si penjawab sedang Dilema karena Cinta? (cieee…….) , atau mungkin dilemma karena uang? ( secara tengah bulan serasa akhir bulan! Sama kaya gw donk! Wahaha). Tapi satu kata ini dapat mewakili perasaan dia saat itu.


_d***_______ dulz....: pulsa

******Jawaban yang ini, satu kalimat yang menggambarkan keadaan si responden yang sedang Cekak!( ini juga mirip sama gw! Wkwwkwk)
            Bagaimana tidak? Kalau di dompet ada uang, bisa jadi jawabannya adalah, MAU BELI APA YA? . atau mungkin ada uang, namun bukan untuk membeli pulsa, dan mungkin juga dia sedang menunggu transferan pulsa dari orang terkasih, atau juga pulsanya masih banyak dan responden sedang senang makanya dia menjawab Pulsa, atau bisa jadi…………(kbanyakan ah jawaban gw haha!) .  Neeeextttttttt………


Nkw: tidak ingin yang berlebihan, hanya satu keinginan "ingin dihargai" 
****** : Nah, yang ini dia, jawaban orang yang sedang kecewa.
 Saya menunggu beliau menjawab pun tidak langsung dia jawab, butuh beberapa menit untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan saya tadi. Mungkin responden yang satu ini pergi ke WC sejenak untuk mencari inspirasi dari pertanyaan yang saya ajukan :P.
Jawaban responden menggambarkan diri yang sedang terluka, tersayat-sayat, tercabik-cabik, bahkan hancur buyatak! (lebay gila!) . Ingin rasanya mejawab,
” saya hargai goceng mau ga?”  
Tapi….saya urungkan niat itu, karena dia pasti ngamuk sampe 12 turunan..iii atut… :-ss.
            Tapi jawaban responden ini menggambarkan sebuah kinginan untuk dihargai dari apa yang telah ia usahakan. Semoga orang yang dimaksud mengerti ya mbaaak…;)


E. Z: yg lagi d*** pkirin , tumben si aguz gx nelpon da gx ad kabar

****** : Oaaaaalaaaaaaaah….Aguus..agus… ( kayak iklan!)
 Responden yang satu ini mengungkapkan kalimat dengan penuh kekhawatiran namun dengan icon goler berceceran dimana-mana =)) =)) =)) <<<kayak gitu .
 Tapi saya yakin, kalimat itu keluar karena responden khawatir, bimbang, bingung, heran karena sang pangeran tak kunjung memberinya kabar. Jika dia tak kunjung memberi anda kabar…(Telepon balik donk wkwkwkw )


B*y : pengen punya warnet, pokonya pengen punya usaha sendiri, ga mesti warnet
***** : Wow jawaban yang bagus, tanpa harus menunggu setengah jam, dia menjawab keinginannya untuk memiliki sebuah usaha yang bisa dia kelola sendiri, semoga suatu saat keinginannya terwujud. Jawaban yang simple dengan makna yang tebel kaya barbell! Mantabh! :-bd.


Op*k Utk : aku pengen nikah hehehehe 

****** : Kalau jawabannya kaya gini sih……Sing suing Prikitiiiiiiiww……..ekeuh jujah mau dumz ahaha…….
            Jawaban dari seorang yang sudah ingin melepas masa lajang namun belum tercapai, keinginan yang sangat mulia, dan wanita yang mendapatkan pria dengan keinginan untuk menikah adalah wanita yang sangat beruntung. Semoga keinginannya segera terpenuhi. Amien….

K**x : gimana caranya dapetin uang banyak buat nodongin dosen biar cepet lulus.,?? <=eta 
****** : Owmygot!!! Semoga responden yang satu ini bukan salah satu Mahasiswa Abadi wkwkwkwk . Tapi dari jawabannya  terlihat seakan beliau agak merasa dipersulit oleh para pengajar dalam menyelesaikan study nya. Atau mungkin keinginannya untuk lulus sudah menggebu didalam hati disaat responden telah merasa jenuh dengan kuliahnya…atau mungkin….??? Hehehe Jawabannya hanya responden yang tau.
            Saya hanya bisa memberi dukungan agar studynya cepat selsai. SEMANGAT BRADAH \m/ kamu pasti sanggup \m/.


Mp**e : AQ MASII SAYANK DIA !!:D:D to: BS
****** : Ow ow ow co cwiiiiiitt!!!! Satu kalimat yang sangat menggambarkan perasaan responden yang satu ini. Klo udah masalah hati, bingung mau komentarnya juga waakakak…..semoga bisa selalu bersama dengan orang yang masih disayangi itu….. :)

Ck*  : Membunuh !!

****** : Hah??!! Owh Tidaaaaaaaakkkk!!!!!!! Saat membaca jawaban responden yang satu ini saya langsung bergidig :-ss. Seakan responden sedang memendam  rasa dendam pada seseorang. Namun setelah percakapan berikutnya, beliau malah bertanya. Anak gw cantik kan? Bapaknya aja ganteng!! <<<<< What’s?????? ******
%^&^$$*&%% JLEGEEEEERRRRRRR!!!!!. Ternyata jawabannya kurang sesuai dengan pernyataan pada kalimat sebelumnya, yang tadinya saya pikir responden yang satu ini sedang marah, sangar kaya preman pasar…namun ternyata…NARSIS GILLAAAAA!!!! =))
 ..say no to Lucifer [-X Draco Dormiens Nunquam Titilandus Bradah :)>- =))

Ew*nk : bagai mana caranya bisa bahagiain ortu
****** : Salut buat responden yang satu ini.
            Padahal saya yakin, tanpa dia berfikir seperti itu pun, orang tuanya pasti sudah merasa bangga kepada beliau karena perjuangannya mencari nafkah di negeri orang untuk membantu ekonomi keluarganya. Smangat bradah \m/

D**n d*rita : lapar can sarapan =p~,,, berapa pertanyaan hey ?
****** : wkwkwkwk =)), klo responden yang ini. Saat saya beri pertanyaan, beliau baru bangun tidur, dari typingannya terlihat seperti orang kebingungan. Ini jawaban paling ngena, karena saat saya bertanya, beliau langsung menjawab dengan cepat tanpa basa basi, kliatan banget laparnya wakakaka, Peace :)>-

4l*ck : irest…
******: aw aw aaaaaawwwwwww….. saya sempat GR membaca jawaban responden yang satu ini, namun setelah saya tanya apa alasan beliau menjawab seperti itu, berikut jawabannya :

“ateuh nu pm cuma irest, jadi weh spontan irest jawab na :v:v

GUBRAAAAAAAAAAAAAAAAGKHH!!! Kaga jd dah gw geernya, wakakakak =))


G*r*y  : kangen
****** : Jawaban yang pendek namun memiliki arti yang sangat luas.
            Kemungkinan besar, responden sedang merindukan kekasihnya yang nun jauh disana…yang mengharuskan beliau untuk mendaki gunung….lewati lembah..jauuuuuuuuuuuh banget! Tetapi…mungkin saja responden merindukan Ibunya? Atau mungkin merindukan adiknya? Atau mungkin merindukan saya? (=)) goleeeeerrrr! =)) ) atau kangen menjerit-jerit di seluncuran the J*ngle , atau kangen jadi orang langsing…or anything…terlalu banyak dugaan dari kata kangen yang dilontarkan responden, dan hanya dia yang tau jawabannya.

Ag*s : mo bikin tagihan trs c dhee teu bisa di epon
****** : Oke, responden yang ini terlihat kebingungan, dan anda mau tau?? Wanita yang dia cari itu juga menjadi responden saya siang tadi, dan jawaban mereka….MIRIP!!!! memang sehati =D> =)), mencari –cari ..saling mencari..dan mencari… ayo ayoooo…jangan main petak umpeet….nanti diculik NINI GOMBEL !!!!! =))


D#y : Sange .....                                                                                                           

****** : Tidaaaaaaaaaakkkkkkkk, saking shocknya baca jawaban reponden yang satu ini, saya segera mengakhiri percakapan saya dengan beliau, dan beliau pun memberi saya icon goler yang sangat pabalatak dimana-mana. =)) . Wkwkwkwkwk

Itulah beberapa responden yang saya ambil jawabannya, ada yang hanya satu kata, dan adapula yang menggambarkan jawaban mereka dalam satu kalimat. 
Namun ternyata, ada dua orang responden yang saat saya beri pertanyaan serupa, mereka mampu menjawab dengan jawaban yang tidak saya duga sama sekali jawabannya.

Cekidot.


Apa yang sedang kamu pikirkan saat ini?

DAN JAWABANNYA Sebagai berikut :

&*(&*( : ga ada pikiran apa2 rest , emang napa? enjoy aja ,yg ada dlm pikiran ** sekarang,  besok mau k s teteh harus bw ini itu udah pesen sisir,sisir kereup,guntingkuku,makanan,mie sama uang , ga ada pikiran yg lain ,hidup ini jangan d buat susah banyak pikiran yg ada malah sakit.

****** : Luar biasa, bisa kita nilai, responden satu ini adalah seorang ibu rumah tangga yang begitu perhatian, walaupun beliau mengatakan tidak ada pikiran lain, namun saat beliau mengungkapkannya, jawaban itu keluar sendirinya tanpa komando. Isi hati seorang ibu kebanyakan seperti itu, seakan tak dapat mengungkapkan dengan kata-kata, namun banyak makna dibalik setiap kata yang mereka ucapkan, bahkan hal kecil seperti sisir pun beliau mengingatnya untuk dibawa ke tempat anaknya nanti. Tanpa kita sadar mungkin kalimat kepedulian orang tua kepada anaknya lah yang keluar dari pikiran mereka.


K***12 : Rasa Sakit Karena Cinta Yg Tidak Di Restui Mungkin Itu Suatu Kesalahanku Karena Kurang Dalam Kategori Pilihan Nya.. Hanya Bisa Berbalik Pikir Dan Berintropeksi Diri :D:D
Itu Yg Selalu K**** Lakuin Sekarang :D:D
Intripeksi Diri :D:D

"Terkadang rasa KEKECEWAAN datang karna adanya PENGHARAPAN yang terlalu BERLEBIHAN" <<< Nech Yg Lagi Ada Di Pikiran Sekarang Mah

terkadang orang tua memang benar dalam menentukan hidup kita.. tapi terkadang orang tua juga bisa salah dalam menentukan hidup kita.. untuk itu sekali kali kita bisa melawan untuk menolak keinginan orang tua demi masa depan dan kelangsungan hidup kita bersama sang pasangan dalam kebahagiaan.. karena kebahagaian kita bersama pasangan bukan di tentukan oleh orang tua tapi oleh diri kita sendiri yg siap merasakan pahit dan manies nya hidup bersama sang pasangan kita..

Intinya : Hidup Dalam Menentukan Suatu Pilihan Harus Dengan Hati Dan Perasaan Diri Kita Sendiri Bukan Dengan Omongan Orang Lain Sekalipun Itu Orang Tua Kita..
Tuch Intinya Mah =)))

****** : =)) mantabh!!!! Maybe he can be The next Kahlil Gibran!! =)) saya hanya memberikan  satu pertanyaan, dengan cepat pula saya mendapat jawaban lebih dari satu paragraf!!! Amazing! =)), Thankz bradah jawabannya. Responden yang satu ini pun sudah menjawab, menjelaskan, bahkan memberi saya kesimpulan dari jawaban dia ungkapkan, sungguh sangat membantu saya, karena saya tak perlu lagi membuat kesimpulan dari jawabannya. =))…Sangat inspiratif, terima kasih bradah K4**12 ;)


Yup!, jawaban-jawaban diatas hanyalah sedikit jawaban dari satu pertanyaan yang saya ajukan, jika Anda bertanya pada khalayak ramai, kemungkinan jawaban yang jauh lebih beragam pun bisa Anda dapatkan. Intinya adalah, jangan menyepelekan atau bahkan mengabaikan Satu Pertanyaan, Satu Jawaban, Satu Kalimat, atau bahkan Satu Paragraf.

Ada beberapa orang menilai, bahwa seseorang yang hanya bisa menjawab sebuah pertanyaan yang panjang dengan hanya satu kata kemungkinan orang yang menjawab itu tidak terlalu pintar mengolah kata, tetapi jika kita lihat contoh diatas, ternyata satu kata pun bisa bermakna apa saja, dan bisa saya ambil kesimpulan 1 Kata, 1 KALIMAT bisa mengandung ..SEJUTA MAKNA.



Terima Kasih banyak untuk Para Respondens yang sudi menjawab pertanyaan saya yang mungkin tidak terlalu penting.
Sesuai permintan beberapa respondens , nama atau ID saya samarkan, tapi saya yakin semua yang menjawab pasti masih ingat dengan jawaban masing-masing.

Mohon maaf jika ada kalimat yang kurang berkenan, semoga di artikel berikutnya dapat saya perbaiki.
Once again…THANK’S A LOT FRIENDS …. :)

4 komentar:

  1. mantabbbb :-bd kreatiff :bd

    mudah"an postingannya tambah kreatiff lagi bradah :-bd

    BalasHapus
  2. sejak kapan irest jadi seorang bradah :))

    BalasHapus
  3. =)) akuh cw bey [-( nister [-( nini sister =))

    BalasHapus